Saud Daniel's Blog

Just another way to share

Hutan ku

Kondisi hutan mangrove akibat abrasi air laut

Kondisi hutan mangrove akibat abrasi air laut

Kerusakan hutan di Indonesia akibat illegal logging, dan praktek-praktek pemanfaatan hasil hutan berupa kayu yang tidak dibenarkan telah berada pada kondisi yang mencemaskan. Kerusakan hutan dan lahan telah menyebabkan terganggunya keseimbangan alam lingkungan dan terputusnya rantai ekosistem yang menyebabkan terjadinya berbagai bencana alam. Kerusakan hutan dan lahan jelas telah menurunkan fungsi-fungsi penting, seperti fungsi hidrologis, pengaturan iklim mikro, serta habitat satwa liar, dan spesies-spesies tanaman.

Berdasarkan data Dephut dan didasarkan pada pemantauan satelit Citra Lansat, baik oleh Indonesia maupun Belanda, tingkat kerusakan hutan yang terjadi setiap tahunnya rata-rata 1,188 juta hektar/tahun. Terkait dengan tingkat kerusakan hutan di Indonesia, Dephut mempunyai tiga data yang terbagi dalam tiga periode, yakni periode 1985 – 1997 dengan tingkat kerusakan 1,87 juta hektar/tahun, 1997 – 2000 tingkat kerusakannya 2,83 juta hektar/tahun, dan tahun 2000 – 2005 tingkat kerusakan hutannya 1,188 juta hektar/tahun.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Balai Besar Taman Nasional sebagai pemangku kawasan konservasi tentu memikul tanggung jawab utama berkenaan dengan hal ini. Balai Besar Sumber Daya Alam dan Balai Besar Taman Nasional bertanggung jawab mengelola kawasan konservasi dengan pola yang dapat secara maksimal meramu potensi sosial dan fisik sumber daya alam agar dapat memberi manfaat ekologis bagi lingkungan dan manfaat ekonomis bagi masyarakat.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: