Saud Daniel's Blog

Just another way to share

Konflik Harimau, Kenapa?

harimau1Permasalahan harimau dengan masyarakat seperti yang sering terjadi saat ini seperti di Jambi, Riau, Aceh, bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang sangat dimungkinkan menjadi penyebab terjadinya konflik harimau dengan manusia secara umum, diantaranya;

1. Pertambahan penduduk.

Pertambahan penduduk yang semakin pesat dewasa ini sangat banyak membutuhkan lahan, baik itu untuk pemukiman maupun sebagai areal pertanian dan perladangan. Konversi lahan yang merubah hutan alam menjadi lahan pertanian dan pemukiman ini menyebabkan berkurangnya luasan hutan alami sehingga mempersempit habitat dan ruang gerak harimau.

2. Pengurangan luasan hutan alami.

Sumatera diperkirakan telah kehilangan 65 – 80% daerah tutupan hutan alami yang diakibatkan dari bentuk kegiatan IPHHK (ijin Pengelolaan Hasil Hutan Kayu), pengelolaan IUPHHK (Ijin Usaha Pengelolaan Hasil Hutan Kayu) baik secara legal maupun illegal, konversi lahan hutan menjadi lahan pertanian, perladangan dan perkebunan sawit. Hal ini menimbulkan fragmentasi habitat, sehingga mendesak harimau untuk menempati lokasi-lokasi yang sebelumnya bukan habitat harimau, tidak hanya itu, kegiatan di atas juga menimbulkan dampak besar pada sejumlah hidupan liar lainnya (flora dan fauna liar) baik itu mangsa harimau maupun tidak.

3. Perburuan hewan mangsa harimau.

Manusia dan harimau bersaing dalam berburu mangsa, baik untuk makanan maupun olahraga. Perburuan hewan mangsa harimau yang berlebihan dapat memancing harimau yang lapar datang ke pemukiman penduduk.

4. Perburuan langsung terhadap harimau.

Ancaman serius bagi kehidupan harimau sumatera adalah pemanfaatan tulang dan bagian tubuh yang lain sebagai obat tradisional dan sebagai pajangan.

Percaya atau tidak, tindakan balas dendam dari sang harimau yang masih hidup kepada manusia sering kali terjadi karena praktek-praktek perburuan terhadap harimau ini.

Sumber : Jejak Leuser

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

2 Responses

  1. alamendah mengatakan:

    Manusia…
    pemegang peran kunci bagi kepunahan harimau

    • fibrik mengatakan:

      Yup….gue setuju tuh…. perlu banyak konsolidasi dan sosialisasi ke daerah yang sering terjadi konflik seperti itu…
      Dengan semakin sempitnya ruang gerak harimau, maka hal yang wajar bila harimau menjadi brutal..
      Untuk itu perlu tidakan secara bersama untuk mengatasinya, salah satunya adalah memperbaiki kondisi hutan sebagai habitat satwa liar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: