Saud Daniel's Blog

Just another way to share

Iklim Telah Berubah, Pulau Terancam Tenggelam

Cuaca ekstrem, badai tropis yang semakin sering, dan pergeseran musim merupakan fenomena terjadinya perubahan iklim. Munculnya fenomena tersebut di Indonesia diakui merupakan indikasi bahwa perubahan iklim memang telah terjadi di Indonesia.

Dampak pemanasan global

Dampak pemanasan global

Indikasi lainnya adalah meningkatnya intensitas siklon tropis yang menyebabkan gelobang tinggi. “Siklon tropis di Samudra Hindia rata-rata setiap tahun terjadi 7-8 kali dalam rentang waktu lima bulan dari bulan November sampai Maret. Jarang sekali mengumpul seperti empat siklon Charlotte, Dominic, Ellie dan Freddy dalam masa kurang dari satu bulan.

Empat siklon tropis itu terjadi dalam jangka waktu 28 hari, antara 11 Januari hingga 7 Februari. Akibatnya, terjadi gelombang tinggi di perairan Indonesia.

Dampak perubahan iklim antara lain pulau tenggelam akibat naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub, ancaman kekeringan dan cuaca ekstrem. Kejadian-kejadian itu secara langsung akan mengancam penghasilan dan kehidupan nelayan, masyarakat pesisir, dan petani karena berdampak terhadap menurunnya produktivitas pertanian.

Pesan Penting Perubahan Iklim

  1. Perubahan iklim adalah isu serius dan urgen.
  2. Peningkatan dua kali lipat gas rumah kaca (GRK) dibandingkan dengan era praindustri kemungkinan besar akan meningkatkan suhu rata-rata global 2 derajat hingga 5 derajat celcius. Level GRK ini diperkirakan tercapai tahun 2030-2060. Perbedaan suhu 5 derajat celcius serupa dengan perbedaan suhu pada zaman es dan sekarang.
  3. Beberapa dampak perubahan iklim akan memanaskan bumi karena memicu terlepasnya carbon dioksida. Akibatnya, peningkatan temperatur bisa lebih tinggi. Dari analisis diketahui feedback seperti ini dapat meningkatkan suhu bumi 1 derajat hingga 2 derajat celcius.
  4. Pemanasan mengakibatkan intensitas siklus air meningkat sehingga memperkuat pola kekurangan dan kelebihan air. Akibatnya, resiko banjir dan kekeringan semakin tinggi.
  5. Akibat pemanasan bumi, resiko meningkat untuk terjadinya perubahan system iklim secara mendadak dan dalam skala besar.

Sumber : KOMPAS 2009

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

3 Responses

  1. alamendah mengatakan:

    Dalam rangka menyongsong hari lingkungan hidup sedunia 2009 gue ikut pesen; Your Planet Needs You – UNite to Combat Climate Change. Pesen tambahan dari gue marilah kita Bercumbu dengan alam jangan memperkosanya.
    Salam kenal,

    • fibrik mengatakan:

      Yup….
      dikampus gue juga ada ne Perayaan Hari Lingkungan Hidup yang biasanya kami lakukan tiap tahunnya… Ya..setidaknya kita telah berupaya mengkampanyekan Keadaan Bumi kita yang semakin mengkawatirkan, untuk itu perlu adanya upaya menyelamatkan Bumi kita ini…

      Salam Lestari/…………….

  2. muharjan mengatakan:

    Indonesia mendapat rekor dunia guinnes edisi 2008 dalam hal kerusakan hutan(defortasi) mencapai 76-80%,sedangkan laju kerusakan 1,8jt ha tahun 2000-2005 rata-rata 2% setara dengan 51km persegi/hari….ini bnr2 rekor?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: