Saud Daniel's Blog

Just another way to share

LESTARI ALAM KU

Kenapa hutan memiliki manfaat penting bagi kehidupan kita? Apa saja manfaat penting hutan yang telah kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari?

Kerusakan hutan akibat ulah manusia

Kerusakan hutan akibat ulah manusia

Hutan merupakan sumber daya alam yang kaya akan berbagai jenis spesies tumbuhan dan hewan, dimana hutan juga merupakan tumpuan dan harapan bagi setiap mahkluk hidup yang ada di bumi saat ini, karena hutan memberikan banyak manfaat yang dapat diambil. Manfaat yang banyak ini lah akhirnya oleh manusia yang tidak bertanggung jawab di eksploitasi secara berlebihan untuk kepentingan manusia baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Apa yang terjadi? Sumber daya hutan telah mengalami penurunan fungsi secara drastis dimana hutan tidak lagi berfungsi secara maksimal, seperti fungsi hidrologis, pengaturan iklim mikro, serta habitat satwa liar, dan spesies-spesies tanaman.

Eksploitasi yang berlebihan oleh manusia telah membuat hutan dan lahan rusak. Berdasarkan data yang ada di Dephut dan juga didasarkan pada pemantauan satelit Citra Lansat, baik oleh Indonesia maupun Belanda, tingkat kerusakan hutan yang terjadi setiap tahunnya rata-rata 1,188 juta hektar/tahun.

Mengingat manfaat dan fungsi penting hutan, maka diperlukan upaya pelestarian hutan dengan segala konsekuensi yang akan dihadapi. Mengambil kebijakan untuk penyelamatan hutan, merupakan hal yang utama yang harus dilakukan bukan malah untuk menambah konversi areal hutan khususnya di Indonesia.

SALAM LESTARI……

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: