Saud Daniel's Blog

Just another way to share

Restorasi dan Rehabilitasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem

Kegiatan restorasi dan rehabilitasi merupakan kegiatan mengembalikan ekosistem yang telah rusak baik itu akibat perambahan liar, illegal logging ataupun karena bencana alam. Kegiatan dilakukan di daerah yang terjadi kerusakan hutan, yaitu di SPTN IV Besitang. Dari hasil pengamatan di lokasi rehabilitasi dan wawancara di lapangan dengan petugas taman nasional dan kepala kelompok tani, kegiatan rehabilitasi ekosistem dilakukan oleh masyarakat yang tergabung dalam suatu kelompok yang peduli leuser. Tanaman yang akan ditanam sebelumnya dibibitkan sendiri oleh kelompok tani. Tanaman yang dibibitkan antara lain, durian, jengkol, sungkai, dan meranti. Pembibitan dilakukan di bawah tegakan kelapa sawit dan di areal lahan yang akan di rehabilitasi. Lahan kritis yang telah ditanami oleh kelompok tani seluas 45 Ha dari 60 Ha yang akan direhabilitasi. Metode yang digunakan untuk dalam penanaman adalah metode jalur dengan jarak tanam 3 x 3 m2.

Gambar di bawah ini menunjukkan keadaan pembibitan yang diusahakan oleh masyarakat yang tergabung dalam suatu wadah kelompok tani dan keadaan lokasi kawasan yang akan di rehabilitasi dalam waktu dekat ini.

Sebagai tambahan bahwa pada lokasi rehabilitasi masih terdapat tanaman kelapa sawit di kawasan taman nasional. Luas areal yang terdapat tanaman kelapa sawit adalah seluas 250 Ha. Sampai saat ini belum ada tindakan untuk menebang tanaman kelapa sawit dan di lakukan rehabilitasi. Lahan sawit yang berada pada kawasan taman nasional, dulunya merupakan lahan sawit milik perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Hal ini terjadi karena pada saat penetapan lahan, pihak perusahaan tidak mengikutkan pihak TNGL akibatnya kawasan taman nasional masuk dalam lahan milik perusahaan kelapa sawit. Lahan tersebut kembali menjadi kawasan taman nasional karena pihak taman nasional memenangkan persidangan, yang sekarang dijadikan daerah rehabilitasi.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: