Saud Daniel's Blog

Just another way to share

Sosial Ekonomi Masyarakat di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser

Sosial ekonomi masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang meliputi Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara yang terbagi dalam beberapa kabupaten, memiliki kesamaan. Dimana sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Beberapa masyarakat  bekerja dengan memanfaatkan hutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti mengambil kayu bakar, mencari ikan di sungai, dan mengambil rotan. Dapat dilihat bahwa kegiatan wawancara sosial ekonomi dengan masyarakat dilakukan secara langsung dengan responden, dengan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Masyarakat yang letaknya berbatasan langsung dengan kawasan taman nasional, mengetahui keberadaan Taman Nasional Gunung Leuser. Namun, tidak mengetahui siapa yang mengelola dan bertanggung jawab atas kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang keberadaan taman nasional dan kurangnya keterlibatan masyarakat dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan taman nasional menjadi faktor penyebab kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian taman nasional.

Tingkat pendidikan masyarakat yang ada disekitar kawasan, kebanyakan hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), ini dapat pula menjadi pengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Bahkan ada juga masyarakat yang tidak memiliki pendidikan. Namun berbeda dengan masyarakat yang berada disekitar kawasan ekowisata, mereka telah mempunyai pendidikan yang cukup baik.

Masyarakat juga menerapkan kegiatan agroforestry di lahan yang masih dapat dikelola untuk menambah penghasilan. Tanaman yang ditanam antara lain kelapa, pinang, rambutan, durian, dan lain-lain.

Perlu untuk diperhatikan adalah penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana untuk membantu perbaikan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional sehingga masyarakat dapat memasarkan hasil-hasil pekerjaan mereka, baik itu dari sektor pertanian, perkebunan, ekowisata dan lain sebagainnya. Sarana dan prasarana yang diperlukan seperti transportasi darat, jalan menuju daerah sekitar kawasan terutama daerah wisata, penerangan, telekomunikasi, informasi, dan lain sebagainya yang menunjang perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: