Saud Daniel's Blog

Just another way to share

KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN KONSERVASI KAWASAN

1.  Flora dan Fauna yang dilindungi

Biodiversity IndonesiaIndonesia merupakan negara mega biodiversity, dengan kelengkapan jenis flora dan fauna yang sangat besar dibanding negara-negara lain. Kekayaan ini tersimpan di dalam kerimbunan hutan Indonesia yang begitu luas. Paling sedikit  terdapat 400-an jenis pohon,  500-an jenis mamalia, 1.500-an jenis burung, 25.000-an bungabungaan dan masih banyak lagi. Namun demikian tidak seluruh jenis flora dan fauna tersebut boleh diperdagangkan, sebagian dari mereka dilindungi dari kegiatan pemanfaartan dan perdagangan.

Pemanfaatan jenis-jenis tumbuhan alam (flora) dan satwa liar (fauna) diatur dalam UU No. 5/1990 berdasarkan prinsip-prinsip konservasi (sesuai dengan daya dukung, keanekaragaman, dan potensinya). Jumlah species flora dan fauna yang dilindungi di Indonesia dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Jenis satwa yang dilindungi antara lain Gajah Sumatera (Elephas maximus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Babi Rusa (Babyrousa babyrussa), dan Anoa (Bubalus depresicornis).  Jumlah spesies di Indonesia yang dilindungi Undang-Undang dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Floora/Fauna Jumlah Spesies Jumlah Spesies Dilindungi
Pohon

Bunga

Paku-pakuan

Mamalia

Burung

Reptil

Ampibi

Ikan

Kupu-kupu

Kerang-kerangan

Palm

Anggrek

Rafflessiaceae

Lain-lain (akar bahar, kantong semar, dll)

400

25.000

1.250

515

1.519

600

270

8.500

121

20.000 –

13

70

93

20

7

20

14

14

29

semua jenis

semua jenis

sumber : Ditjen PHKA tahun 2002

2. Konservasi Alam

Hutan Konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan Konservasi Indonesia terdiri atas Kawasan Suaka Alam (KSA), Kawasan Pelestarian Alam (KPA) dan Taman Buru (TB).

Kawasan Hutan Suaka Alam (KSA) adalah adalah hutan dengan ciri khas tertentu,yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan. Kawasan hutan pelestarian alam (KPA) adalah hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestarisumber daya alam hayati dan ekosistemnya Taman buru adalah kawasan hutan yang di tetapkan sebagai tempat wisata berburu.

Kawasan Konservasi darat yang telah ditunjuk dan ditetapkan sampai dengan tahun 2001 adalah 169 unit Cagar Alam, 47 unit Suaka Margasatwa, 79 Unit Taman Wisata Alam, 14 unit Taman Buru, 34 unit Taman Nasional, dan 14 unit Taman Hutan Raya. Sedangkan Kawasan Konservasi Laut terdiri dari 5 Unit Cagar Alam, 3 unit Suaka Margasatwa, 14 unit Taman Wisata, dan 6 unit Taman Nasional.

3. Perlindungan Hutan

Perlindungan hutan bertujuan menjaga hutan, kawasan hutan dan lingkungannya agar fungsi lindung, konservasi dan produksi dari hutan tercapai secara optimal dan lestari.  Secara umum perlindungan hutan diarahkan untuk menanggulangi bahaya kebakaran hutan, degradasi kawasan dan penurunan potensi ekonomi hutan.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, , ,

One Response

  1. Thomas mengatakan:

    Indonesia emang kaya…pernah suatu kali saya pengen bikin semacam sistem kayak wikipedia untuk Flora Of Java

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/14/membenci-itu-rugi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: