Saud Daniel's Blog

Just another way to share

TAMAN NASIONAL BERBAK

Dasar Penunjukan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor : 285/Kpts-II/1997

Tanggal  26  Pebruari  1997

Luas : ± 162.700 Ha.

Letak :

Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur  dan Kabupaten Muara Jambi, Kecamatan Sadu dan Kecamatan Kumpeh Ilir.

Koordinat  :

104° 05′ – 104° 26′ BT dan

01° 08′ –   01° 43′ LS

Kondisi Umum

Taman Nasional Berbak merupakan kawasan konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera.

Taman Nasional Berbak tidak saja dilindungi secara nasional, tetapi juga secara internasional yaitu dengan ditetapkan sebagai Lahan Basah Internasional dalam Konvensi RAMSAR pada tahun 1992.

Lokasi Wisata

Lokasi-lokasi yang mempunyai potensi wisata :

  1. Air Hitam dalam : Wisatawan dapat bermalam di pondok-pondok yang ada. Pada   pagi atau sore hari dapat dilakukan beberapa kegiatan diantaranya berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri  Sungai Air Hitam Dalam (sambil melihat-lihat satwa yang ada dikiri dan kanan sungai), memancing pada tempat yang telah disediakan (shelter/dermaga), dan melihat-lihat arboretum yaitu tempat koleksi aneka jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Berbak yang sengaja ditanam.
  2. Air Hitam Laut : Wisatawan dapat bermalam dipondok yang telah disediakan. Pada pagi atau sore hari dapat berjalan menyusuri jalan trail dalam hutan, bersampan menyusuri sungai air hitam laut, memancing pada tempat-tempat yang telah disediakan, dan melihat-lihat arboretum.
  3. Sei Cemara : Merupakan pantai tempat burung-burung mencari makan. Di lokasi ini telah disediakan pondok pengamatan burung yang dilengkapi dengan teropong/binokuler serta buku referensi mengenai burung-burung pantai.

Cara pencapaian lokasi  :

  1. Air Hitam Dalam ; Dapat ditempuh dari Jambi menuju Suak Kandis dengan jalan darat (1.5 jam), dilanjutkan dengan menggunakan speed boat menuju Air Hitam Dalam (1/2 jam), bisa juga dari Jambi menggunakan speed boat  menuju Air Hitam Dalam (2.5 jam).
  2. Air Hitam Laut ;  menggunakan jalan darat dari jambi ke Suak Kandis (1.5 jam). Dilanjutkan dengan speed boat menyusuri sungai  Batanghari menuju ke Nipah panjang (1.5 jam). Dari Nipah Panjang melalui laut menggunakan speed boat (khusus untuk dilaut) menuju Air Hitam Laut  (2 jam).
  3. Sie Cemara ;  Dari Air Hitam Laut menggunakan jalan darat (sepeda motor) menuju Sie Cemara (1 jam).

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: