Saud Daniel's Blog

Just another way to share

TAMAN NASIONAL BUKIT DUABELAS

Dasar Penunjukan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor : 258/Kpts-II/2000,

tanggal 28 Agustus 2000

Luas : ±   60.500   hektar

Letak : Provinsi Jambi (Kabupaten Sarolangun, Bungo Tebo,  dan Kabupaten Batanghari).

Koordinat :

102° 29′ – 102° 49′ BT dan

01° 44′ –   01° 58′ LS

Kondisi Umum

Taman Nasional Bukit Duabelas merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis dataran rendah di Provinsi Jambi. Semula kawasan ini merupakan kawasan hutan produksi tetap, hutan produksi terbatas dan areal penggunaan lain yang digabung menjadi taman nasional. Hutan alam yang masih ada terletak di bagian Utara taman nasional ini, sedangkan yang lainnya merupakan hutan sekunder.

Kawasan taman nasional ini merupakan daerah tangkapan air yang sangat penting bagi DAS Sungai Batanghari. Dari dalam kawasan terdapat banyak sungai dan anak sungai yang airnya berasal dari dalam kawasan. Kawasan ini juga merupakan wilayah pengembaraan masyarakat asli Suku Anak Dalam (Orang Rimba) yang telah menjadikan kawasan ini sebagai pusat kebudayaan dan penghidupan, dimana adat dan kebiasaan mereka relative masih utuh dan sangat dijaga.

Potensi Wisata

Potensi wisata yang dapat dikembangkan di kawasan ini diantaranya adalah panorama alam, seperti air-air terjun dan batu-batu bersejarah serta kehidupan masyarakat suku orang rimba. Namun demikian sampai saat ini potensi-potensi tersebut belum dikembangkan, dan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung belum tersedia, tetapi apabila ingin mengunjungi kawasan ini, waktu yang paling baik adalah bulan Juni sampai dengan Oktober.

Cara mencapai lokasi :

Dari Jambi ke Pauh (menggunakan bis) melewati Muara Bulian sekitar 3 jam, dari Pauh dilanjutkan charter kendaraan ke Lubuk Jering dan Pematang Kabau sekitar 2 jam.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: