Saud Daniel's Blog

Just another way to share

TAMAN NASIONAL BUKIT TIGAPULUH

Dasar Penunjukan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor: 539/Kpts-II/1995

Tanggal 5 Okt 1995

Ditetapkan:

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor :  6407/Kpts-II/2002

Tanggal 21 Juni 2002

Luas  : ± 144.223 Ha

Letak :

–   Provinsi Riau Kabupaten Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir (111.223 ha)

–   Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tebo (33.000)

Koordinat :

102° 13′  –  102° 45′ BT dan

00° 40′  –    01° 30′ LS.

Kondisi Umum

Taman Nasional Bukit Tigapuluh memiliki ekosistem yang unik karena menempati suatu kawasan perbukitan yang cukup curam di tengah-tengah dataran rendah di bagian Timur Sumatera, terpisah sama sekali dari pegunungan Bukit Barisan. Taman nasional ini seolah-olah “pulau  perbukitan” di tengah-tengah “lautan” hutan hujan dataran rendah dan rawa pasang surut di Provinsi Riau dan Jambi.

Kawasan ini mempunyai potensi keanekaragaman jenis tumbuhan/satwa endemik yang bernilai cukup tinggi. Disamping keanekaragamannya,  kawasan ini juga berfungsi dalam perlindungan hidro-orologis Daerah Aliran Sungai Kuantan Indragiri. Semula kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas, namun demikian keberadaan  hutannya  relatif masih cukup alami.

Obyek Wisata

Beberapa obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi antara lain :

  1. Puputan Keling : panorama alam dan pengamatan satwa/tumbuhan.
  2. Pintu Tujuh : Wisata goa.
  3. Tembelung Berasap : Melihat panorama air terjun, mandi dan pengamatan tumbuhan.
  4. Camp Granit :  Dilokasi ini terdapat air terjun, jalur trail wisata sepanjang 8,6 km dan terdapat bekas areal tambang.  Kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah wisata penelitian, photo hunting, bird watching, hiking dan menikmati panorama alam.
  5. Dusun Lemang dan Siamang : Di areal ini terdapat juga air terjun, Sungai Gangsal, pemukiman suku talang mamak dan masyarakat melayu. Objek wisata alam yang dapat dinikmati di lokasi ini adalah panorama alam.
  6. Dusun Datai : Di dusun Datai  terdapat masyarakat Talang Mamak yang masih primitive (jarang berinteraksi dengan masyarakat luar).  Kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi ini selain menikmati panorama alam adalah melakukan pengamatan terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat suku terasing.

Potensi Budaya ; Masyarakat di sekitar Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan suku dengan adat istiadat dan budaya yang relatif masih sangat tradisional, seperti Suku Anak Dalam, Suku Talang Mamak dan lain-lain.

Masyarakat sekitar (terutama Suku Talang Mamak) percaya, bahwa bukit dan tumbuhan yang ada di taman nasional mempunyai kekuatan magis dalam kehidupan mereka, sehingga secara tidak langsung mereka ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melindungi bukit dan tumbuhan di taman nasional. Wisata budaya yang ada antara lain adalah melihat upacara keagamaan Suku Talang Mamak di dusun Lemang, Siamang dan Datai

Atraksi budaya di luar taman nasional khususnya di Provinsi Riau antara lain Siak Bermandah pada bulan Juni dan Pacu Jalur pada bulan Agustus.

Cara mencapai lokasi ;

Untuk mencapai kawasan hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh ada beberapa jalur yang dapat dijadikan pilihan, terutama dari kedua ibukota Provinsi Jambi dan Riau.

Berikut adalah beberapa jalur yang dapat di tempuh :

  • Pekanbaru-Pematang Reba (kantor taman nasional)-Siberida/Keritang (kawasan taman nasional) dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.
  • Jambi-Keritang/Siberida (kawasan taman nasional)-Pematang Reba (kantor taman nasional) dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.
  • Jalur laut dapat ditempuh dari Pelabuhan Kuala Tungkal-Pelabuhan Tembilahan (kapal laut). Dilanjutkan Tembilahan – Rengat – Pematang Reba dengan kendaraan roda empat.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

One Response

  1. Rafans Manado mengatakan:

    Tabea…. Sangat menarik obyek wisatanya, walau baru baca di blog. Salam kenal. Thanks,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: