Saud Daniel's Blog

Just another way to share

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Dasar Penunjukan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor : 67/Kpts-II/19912 – 31 Januari 1991

Ditetapkan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor : 670/Kpts-II/1999 –  26 Agst 1999

Luas  : ±  125.621,30 Ha

Letak :

Provinsi Lampung,  Kabupaten Lampung Timur dan  Lampung Tengah, Kecamatan Purbolinggo.

Koordinat :

106° 32′ – 106° 52′ BT dan

04° 37′ –   05° 15′ LS.

Kondisi Umum

Taman Nasional Way Kambas lebih dari 75% kawasannya merupakan areal bekas tebangan tahun 1960-1970. Akibat penebangan dan kebakaran hutan telah menyebabkan kantung-kantung padang alang-alang di dalam kawasan. Bagian kawasan yang paling sedikit mendapat gangguan adalah rawa sepanjang pantai yang merupakan habitat penting bagi burung. Tetapi kawasan ini juga memiliki hutan rawa air tawar terbesar di dalam sistem pencagaran di Sumatera.

Taman Nasional Way Kambas merupakan habitat beberapa satwa langka dan dilindungi, seperti badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), gajah sumatera (Elephas maximus), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrensis), dan jenis-jenis satwa lainnya. Disamping itu Way Kambas juga memiliki potensi obyek wisata alam yang sangat menarik yaitu dengan adanya Pusat Latihan Gajah yang pertama di Indonesia. Sekolah gajah ini terletak di dalam kawasan taman nasional dan telah dikelola sejak tahun 1985.

Lokasi Wisata

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi antara lain :

  1. Pusat Latihan Gajah Karangsari : Pusat Latihan Gajah yang pertama di Indonesia ini, terletak 9 km dari Pintu Gerbang Plang Ijo dan telah beroperasi sejak tahun 1985. Hingga saat ini telah berhasil mendidik dan menjinakan gajah sekitar 290 ekor. Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, pengangkut kayu dan pembajak sawah. Pada pusat latihan gajah tersebut, dapat menyaksikan pelatih dalam mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah yang sangat luar biasa (main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya).
  2. Pos Way Kanan : Bersafari dari Pusat Informasi Plang Ijo ke Pos Way Kanan dengan kendaraan roda empat tertutup, melewati belantara hutan taman nasional merupakan perjalanan yang cukup mendebarkan, sebab di tengah perjalanan kadang-kadang dapat berjumpa dengan harimau atau gajah  liar yang sedang melintas.
  3. Sungai Way Kanan : Menyusuri sungai Way Kanan merupakan kegiatan wisata alam yang banyak penggemarnya. Dalam pelayaran menuju muara sungai tersebut, apabila beruntung pengunjung dapat mengamati gajah liar yang sedang mencari makan atau melihat atraksi satwa liar lainnya,  seperti bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran, padang rumput dan hutan mangrove. Di sepanjang sungai Way Kanan juga mempunyai pemandangan yang khas dan mempesona.
  4. Pusat penangkaran insitu satwa badak sumatera : Saat ini telah dibangun pusat penangkaran insitu satwa badak sumatera. Penangkaran insitu badak sumatera yang pertama di dunia ini, berlokasi kurang lebih 4 km dari Plang Ijo ke arah Pos Way Kanan.
  5. Beberapa lokasi menarik lainnya : Rawa Kali Biru, Rawa Gajah, dan Kuala Kambas.

Cara mencapai lokasi

Untuk mencapai kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas ada beberapa jalur yang dapat dijadikan alternative pilihan.

Berikut adalah beberapa jalur alternative yang dapat di tempuh :

  • Bandar Lampung-Metro-Way Jepara, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat sekitar 2 jam (120 km).
  • Branti-Metro-Way Jepara sekitar 1 jam 30 menit (100 km).
  • Bakauheni-Panjang-Sribawono-Way Jepara sekitar 3 jam (170 km).
  • Bakauheni-Labuan Meringgai-Way Kambas sekitar 3 jam.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: