Saud Daniel's Blog

Just another way to share

TAMAN NASIONAL BELURAN

Dasar Penunjukan :

Keputusan Menteri Kehutanan

Nomor : 279/Kpts-VI/1997

Tanggal 23 Mei 1997

Luas  : ±  25.000 Ha

Letak :

Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Koordinat :

07° 29′  –  07° 55′ LS dan  114° 17′ – 114° 28′ BT.

Kondisi Umum

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan tipe ekosistem savana klimaks api terluas di Pulau Jawa, dan merupakan habitat ideal bagi mamalia besar. Vegetasinya yang terbuka menjadikannya tempat yang terbaik untuk dapat melihat atraksi satwa mamalia besar, seperti banteng (Bos javanicus), rusa (Cervus timorensis), dan kerbau liar (Bubalus bubalis).

Disamping kekayaannya akan jenis-jenis fauna langka dan dilindungi, taman nasional ini juga merupakan tempat pemijahan nener/anak bandeng (Chanos chanos), yang memiliki nilai ekonomi yang penting bagi masyarakat sekitar.

Lokasinya yang strategis dan dekat dengan pusat-pusat tujuan wisata, yaitu Bali dan beberapa kawasan wisata lainnya di Jawa Timur, maka kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata.

Potensi Wisata

  1. Goa Jepang; Terletak di pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran di Batangan, tepatnya didepan Information centre. Pada jaman Jepang digunakan sebagai benteng pertahanan dan tempat penyimpanan amunisi, luas goa Jepang ± 12 m2
  2. Savana bekol; Di tempat ini pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas satwa herbivora seperti banteng (Bos javanicus), rusa (Cervus timorensis) , kijang (Muntiacus muntjak) dan kerbau liar (Bubalus bubalis). Satwa-satwa tersebut lebih mudah diamati pada musim kemarau di pagi dan sore hari, terkadang juga terlihat burung merak (Pavo muticus) dan ayam hutan (Gallus sp).
  3. Pantai Bama; Pantai dengan pasir putih dan hutan magrove yang merupakan habitat beraneka jenis burung dan kera menjadi ciri khas pantai Bama. Pantai ini berjarak 3 Km dari savana Bekol. Ditempat ini pengunjung dapat menikmati atraksi kera bersama kelompoknya, berjemur di pantai, berenang, bersampan, snorkeling, menyelam, menikmati panorama terumbu karang dan ikan hias didasar laut. Selain itu berkano disekitar hutan mangrove merupakan keasyikan tersendiri.
  4. Sumber Air Manting ; merupakan mata air tawar yang terletak didekat pantai, berbentuk sumur dengan kedalaman kurang dari 1 meter. Mata air ini dipercaya dapat membuat awet muda orang-orang yang mandi maupun cuci muka. Disebelah mata air ini terdapat kubangan yang bermanfaat bagi satwa untuk berkubang dan minum.
  5. Curah Tangis ; Terletak di tepi jalan raya Banyuwangi – Situbondo 7 Km dari Batangan. Tempat ini dikelilingi oleh hutan jati yang dikelola oleh perum perhutani. Tempat ini memiliki tebing-tebing yang cukup menantang bagi para pemanjat tebing.

Taman Nasional Baluran memiliki keindahan alam yang masih asli. Potensi alamnya cukup besar tetapi  belum dikembangkan secara optimal, khususnya  sebagai tujuan wisata alam. Hal ini karena sarana prasarana untuk tujuan  tersebut masih terbatas.

nAdapun tempat-tempat  yang mempunyai keindahan alam dan potensi wisata budaya adalah sebagai berikut :

  1. Savana Semiang ;  Savana ini dapat dijangkau melalui dusun Pandean dengan berjalan kaki atau naik kendaraan roda dua. Ditempat ini terdapat  keindahan savana dengan tegakan gebang serta beraneka jenis burung.
  2. Pantai Sirontoh ; Pantai ini landai dan berpasir putih serta terdapat hutan mangrove yang mengelilinginya sehingga menambah keindahan pantai ini. Pantai yang menghadap ke timur memungkinkan untuk menyaksikan pesona matahari terbit.
  3. Teluk Popongan ; Pantai ini akan nampak khas pada saat air laut surut, karena akan tampak dataran berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah, sehingga dinamakan juga pantai “sejile” yang berarti lidah. Di tempat ini cocok untuk berkano dan snorkeling.
  4. Teluk Air Tawar ; Teluk ini dinamakan air tawar karena memiliki mata air tawar yang berbatasan dengan pantai. Mata Air ini akan tampak jelas mengeluarkan air pada saat air laut surut.
  5. Mata Air Kacip ; Merupakan satu-satunya mata air yang tidak pernah kering di kawasan Taman Nasional Baluran. Ditempat ini banyak dijumpai pohon kemiri dan  gadung.
  6. Wisata Budaya Candi Bang ; Di tempat ini terdapat dua makam leluhur yang dikeramatkan. Orang-orang dari Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi pada  bulan-bulan tertentu seperti pada tanggal 1 Suro serta pada hari pasaran Kliwon dan Legi mendatangi tempat ini untuk ngalap berkah . Untuk mencapai tempat ini kita harus berjalan kaki selama ± 2,5 jam.
  7. Makam Nyai Fatimah ; Terletak diwilayah Sub-Seksi Karangtekok, tepatnya di resort Labuhan Merak. Untuk mengunjungi tempat ini dapat menggunakan perahu nelayan selama ± 2 jam dari pelabuhan Ketapang di Gatel.   Makam ini dikeramatkan bagi penduduk sekitar Labuan merak, sehingga pada hari-hari tertentu banyak penduduk yang berkunjung (nyadran) kesana untuk mencari berkah.
  8. Makam Mbah Cungkring ; Makam ini berkaitan dengan asal-usul kerbau Baluran, dimana menurut riwayatnya pemilik kerbau tersebut bernama Mbah Cungkring yang juga merupakan nenek moyangnya orang-orang Bayuwangi terutama yang bermukim di daerah Cungking. Mbah Cungkring menggembalakan kerbaunya disekitar savana baluran sampai akhir hayatnya dan kemudian jasadnya dimakamkan di Baluran (tepatnya sekitar savana Kramat) ± 1 Km dari pos Bekol. Mbah Cungking termasuk orang sakti sehingga sampai saat ini makamnya tetap dikeramatkan dan pada bulan-bulan tertentu, seperti tanggal 1 bulan Suro, orang-orang daerah Cungking dan sekitarnya berziarah untuk mendapatkan berkah.
  9. Makam Putra Maulana Malik Ibrahim ; Obyek situs budaya ini terletak di Sub Seksi Wilayah Konservasi Pandean (Batangan), tepatnya didekat camping ground. Makam ini dikeramatkan karena merupakan makam putra ulama terkenal yaitu Maulana Malik Ibrahim. Menurut juru kuncinya putra Maulana Malik Ibrahim wafat dan dimakamkan disitu dalam pengembaraannya menyebarkan agama Islam untuk wilayah Jawa bagian Timur.

Filed under: Kehutanan dan Lingkungan, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: